Daily Journal Template

1:51 AM



I’ve been reading about ways to organize my thoughts and trying to be more productive and conscious about my tasks. Then, I decided to try Bullet Journal, also known as BuJo! 

I’ve been using analogue and digital bullet Journals for around three years. For now, it’s doing its job. I’m being more accountable on how I spend my time and more focused on how I spend my free time. 

Setelah beradaptasi cukup lama, akhirnya aku bisa share template journal ini! Aku sudah mencoba berbagai metode mulai dari analog hingga digital selama beberapa bulan terakhir dan aku bisa bilang mengkombinasikan kedua jurnal baik digital dan analog adalah cara yang terbaik. 

Ada beberapa hal mengenai jurnal analog:
  • Tidak mobile, kadang aku lupa memasukkan notebook itu dalam tas
  • Tidak dapat dicadangkan dengan cara yang mudah
  • Memiliki metode masukan yang tidak teratur (p.s my writing is not the prettiest thing in the world…)
Tapi dalam satu sisi jurnal analog memeiliki beberapa pros:
  • Tidak bergantung dengan koneksi internet
  • Secara analogis, you are being more thoughtful and conscious about what you’re writing, dan aku sangat percaya dengan manifestasi mimpi dalam tulisan
Here's the key!

BuJo digital untuk menulis main tasks, sedangkan Bujo analog untuk breakdown main tasks menjadi pekerjaan yang lebih managable

How I break down a large task into milestones and small tasks

Sebagai contoh ini adalah daily task yang harus aku kerjakan dalam sehari. Biasanya aku hanya menulis secara garis besarnya saja di journal digital


Kemudian aku memecahnya menjadi tugas-tugas kecil supaya lebih mudah dan juga membantu untuk pengecekan agar pekerjaan tersebut tidak ada yang salah atau tertinggal, contohnya seperti ini

Main task:
  • menyelesaikan gambar section A
Plan on journal:
  • cut plan for section
  • dimensi
  • floor & wall finish
  • door & window
  • furniture


Terlihat melelahkan dan merepotkan, tapi ketika hal tersebut sudah menjadi habit, percayalah ini akan mempermudah hidup kalian. 

Selamat mencoba!

Hampir seluruh aktifitas yang aku lakukan bergantung dengan perencanaan jurnal ini seperti daily log, ibadah log, money management, invest log, holiday itinerary dan masih banyak lagi!

Template daily log versiku bisa kalian download disini ya, kemungkinan akan ada update setiap minggunya jadi kalian bisa check tulisan ini lagi ya untuk melihat update jurnal terbarunya.

Aku tidak bisa membagikan seluruh template yang aku punya karena beberapa template tersebut ada yang aku beli dan ada juga yang aku dapatkan dari creator lain. Link journal tempalate dari beberapa creator tersebut akan aku cantumkan di bawah ini ya!

Template by @cindyarmedya

Money management by @andreqve


You Might Also Like

0 komentar